Fungsi AVERAGE Excel : Cara Menghitung Rata-rata di Excel

Menggunakan Fungsi Average Microsoft Excel

Fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata (rata-rata aritmatika) dari argumen atau data pada beberapa sel atau range data.

SINTAKS FUNGSI AVERAGE


Cara penulisan fungsi Average pada rumus excel adalah sebagai berikut:

AVERAGE(number1; [number2]; ...)

Sintaks fungsi AVERAGE memiliki argumen berikut:

  • Number1 : (Diperlukan) Argumen angka pertama, referensi sel, atau rentang yang kita inginkan rata-ratanya.
  • Number2 : (Opsional) Angka tambahan, referensi sel, atau rentang yang Anda inginkan rata-ratanya, hingga maksimum 255.

CONTOH RUMUS AVERAGE


Contoh rumus average bisa anda lihat dibawah ini:

Contoh 1


Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 1

=AVERAGE(A2:A7)

Pada contoh diatas fungsi Average digunakan untuk mencari rata-rata nilai pada range A2:A7. Hasilnya adalah 20.

(20+30+20+10+30+10)/6 = 120/6 = 20

Contoh 2


Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 2

Sel D3 pada gambar diatas menggunakan rumus:

=AVERAGE(A2:A6;B2:B6)

Rumus rata-rata dengan fungsi Average tersebut menghitung nilai rata-rata dari range A2:A6 dan B2:B6. Hasilnya adalah 20.

(10+15+30+20+15+20+30+40+0+20)/10 = 200/10 = 20

Selain menggunakan rumus diatas, cara mencari  rata-rata dengan rumus average untuk range data tersebut juga bisa menggunakan rumus excel berikut seperti pada sel D4:

=AVERAGE(A2:B6)

Rumus diatas akan menghasilkan nilai rata-rata yang sama dengan rumus sebelumnya.

Untuk mengabaikan sel yang bernilai 0 bisa anda pelajari pada halaman beirkut: Mencari Rata-rata Tanpa Mengikutkan Angka 0 dan Sel Kosong

Selain menggunakan referensi sel/range seperti contoh diatas argumen pada fungsi Average bisa berupa angka atau nama range. Untuk membuat nama range bisa anda pelajari pada halaman berikut: 3 Cara Memberi Nama Range Pada Excel.

Jika referensi sel atau range berisi teks, nilai logika, atau sel kosong, nilai-nilai itu akan diabaikan akan tetapi, sel dengan nilai nol dimasukkan/ tetap dihitung seperti pada contoh 2 diatas.

Selanjutnya perhatikan gambar berikut:

Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 3

Pada gambar diatas jika kita menghitung rata-rata untuk range A2:A7 dengan rumus berikut:

=AVERAGE(A2:A7)

Maka evaluasinya akan mengabaikan sel-sel yang berisi teks (A3), nilai logika (A5) dan sel kosong (A6). Sehingga hanya 3 sel yang dihitung rata-ratanya. Bukan 5 Sel.

(20+20+20)/3 = 60/3 = 20

Jika kita ingin menyertakan nilai logika dan teks yang merepresentasikan angka dalam sebuah referensi sebagai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi AVERAGEA.

Argumen rumus average yang merupakan nilai kesalahan atau teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka menyebabkan kesalahan.

Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi/rumus Average 4

=AVERAGE(A2:A7)

Pada contoh diatas saat menggunakan rumus average, maka menghasilkan nilai kesalahan #NA. sebab pada range A4 terdapat sel yang bernilai error.

Untuk lebih memahami tentang pesan kesalahan/error pada microsoft excel silahkan dibaca pada bagian berikut: Mengenal 7 Jenis / Tipe Pesan Error pada Rumus Microsoft Excel.

Untuk menghitung rata-rata nilai dengan syarat atau kriteria tertentu, bisa menggunakan fungsi AVERAGEIF atau AVERAGEIFS. Dan khusus menghitung rata-rata tanpa melibatkan sel kosong dan angka nol bisa anda baca tuutorialnya di : Cara Mencari Rata-rata Tanpa Mengikutkan Angka 0 dan Sel Kosong

Jika ada yang kurang jelas silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah. Terima kasih.

0 komentar