Fungsi AVERAGE Excel, Rumus/Cara Menghitung Rata-rata di Excel

Fungsi AVERAGE Excel, Rumus/Cara Menghitung Rata-rata di Excel

Fungsi Average Excel: Panduan cara menghitung rumus rata rata di excel menggunakan fungsi Average excel.
Fungsi Average - Rumus Menghitung Rata-rata Excel

Rumus/Fungsi Average Excel - Bagaimanakah cara menghitung rata-rata di excel? Dengan menggunakan microsoft excel Anda tidak akan kesulitan untuk mencari rata-rata nilai, sebab microsoft excel sudah menyediakan fungsi khusus yang bisa digunakan menghitung nilai rata-rata sekelompok data, yakni dengan menggunakan fungsi AVERAGE excel.

Rumus rata-rata excel sendiri merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data di bagi dengan banyaknya data. Biasanya rata-rata digunakan untuk mendapatkan gambaran umum dari sebuah data.

Pada tutorial excel kali ini kelas excel akan mengajak anda untuk mempelajari rumus rata-rata excel atau bagaimana cara menghitung nilai rata-rata pada microsoft excel dengan menggunakan fungsi Average excel.


PENGERTIAN FUNGSI AVERAGE


Fungsi AVERAGE adalah salah satu fungsi microsoft excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai argumen yang diberikan pada beberapa sel atau range data.

Pada microsoft excel, Fungsi Average ini termasuk dalam kategori fungsi Statistik.

Rumus Average pada excel biasanya digunakan untuk menghitung nilai rata-rata matematika di excel seperti menghitung nilai rata rata raport untuk penilaian hasil belajar siswa.

Rata-rata merupakan nilai rata-rata aritmatika yang dihitung dengan menjumlahkan sekelompok angka kemudian membaginya dengan jumlah atau banyaknya angka tersebut.

Misalnya, rata-rata dari 10, 20, 20, 30, dan 20 adalah 20 yang didapatkan dengan membagi jumlah angka-angka tersebut (100) dengan banyaknya angka (5).

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI AVERAGE


Cara menghitung rata-rata di excel dengan menggunakan fungsi excel Average adalah sebagai berikut:

AVERAGE(Angka1; [Angka2]; ...)

Sintaksis atau cara penulisan fungsi excel AVERAGE di atas memiliki argumen berikut:
  • Angka1 : (Wajib di isi) Argumen angka pertama, referensi sel, atau rentang yang akan kita hitung nilai rata-ratanya.
  • Angka2 : (Opsional) Angka tambahan lain, referensi sel, atau rentang yang ingin dihitung rata-ratanya, hingga maksimum 255.

CONTOH RUMUS AVERAGE


Contoh penggunaan rumus average excel bisa anda lihat dibawah ini:

Menghitung Rata-rata di Excel Dengan Rumus Average 1


Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 1

=AVERAGE(A2:A7)

Pada contoh diatas, rumus average excel digunakan untuk mencari rata-rata nilai pada range A2:A7. Hasilnya adalah 20. Angka 20 ini didapat dari perhitungan rata-rata nilai berikut:

(20+30+20+10+30+10)/6 = 120/6 = 20

Mencari Rata-rata di Excel Dengan Rumus Average 2


Selanjutnya silahkan perhatikan contoh rumus average excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata excel berikut:

Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 2

Pada sel D3 contoh gambar diatas rumus rata-rata excel yang digunakan adalah:

=AVERAGE(A2:A6;B2:B6)

Rumus rata-rata excel dengan fungsi Average tersebut menghitung nilai rata-rata dari range A2:A6 dan B2:B6. Hasilnya adalah 20. Angka ini di dapat dari perhitungan berikut:

(10+15+30+20+15+20+30+40+0+20)/10 = 200/10 = 20

Pada microsoft excel, selain menggunakan rumus excel tersebut, cara mencari rata-rata dengan rumus average untuk range data tersebut, dapat juga dihitung dengan rumus excel berikut seperti contoh pada sel D4:

=AVERAGE(A2:B6)

Rumus Excel diatas akan menghasilkan nilai rata-rata yang sama dengan rumus sebelumnya. Yakni angka 20.

Selain menggunakan referensi sel/range seperti contoh diatas, argumen pada fungsi Average bisa juga berupa angka atau nama range. Untuk membuat nama range bisa anda pelajari pada halaman berikut: 3 Cara Memberi Nama Range Pada Excel.

Jika referensi sel atau range berisi teks, nilai logika, atau sel kosong, nilai-nilai itu akan diabaikan akan tetapi, sel dengan nilai nol dimasukkan/ tetap dihitung seperti pada contoh 2 diatas.

Selanjutnya perhatikan contoh rumus average excel berikut:

Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 3

Pada contoh Average diatas, jika kita menghitung rata-rata nilai untuk range A2:A7 dengan rumus berikut:

=AVERAGE(A2:A7)

Maka evaluasinya akan mengabaikan sel-sel yang berisi teks (A3), nilai logika (A5) dan sel kosong (A6). Sehingga hanya 3 sel yang dihitung rata-ratanya. Bukan 5 Sel.

(20+20+20)/3 = 60/3 = 20

Jika kita ingin menyertakan nilai logika dan teks yang merepresentasikan angka dalam sebuah referensi sebagai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi AVERAGEA.

Perlu Anda ketahui bahwa argumen fungsi AVERAGE yang berupa nilai kesalahan atau teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka semisal nilai error #N/A akan menyebabkan fungsi Average menghasilkan nilai error atau kesalahan seperti pada contoh diatas.

Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi/rumus Average 4

=AVERAGE(A2:A7)

Rumus Average diatas menghitung rata-rata nilai untuk range A2:A7. Rumus excel tersebut akan menghasilkan nilai kesalahan #NA. Sebab pada range A4 terdapat sel yang bernilai error.

Untuk lebih memahami tentang pesan kesalahan/error pada microsoft excel silahkan dibaca pada bagian berikut: Mengenal 7 Jenis / Tipe Pesan Error pada Rumus Microsoft Excel.
Fungsi Average pada excel tidak bisa digunakan untuk menentukan rata-rata nilai dengan syarat atau kriteria tertentu. Apabila anda ingin menghitung rata-rata nilai di excel dengan syarat atau kriteria tertentu, maka gunakanlah fungsi AVERAGEIF atau AVERAGEIFS.
Pada kasus-kasus tertentu adakalanya anda ingin menghitung nilai rata-rata tanpa menghitung angka 0. Khusus untuk menghitung rata-rata tanpa melibatkan sel kosong dan angka nol, panduan rumus excelnya bisa anda baca pada halaman berikut: Cara Mencari Rata-rata Tanpa Mengikutkan Angka 0 dan Sel Kosong

Sekian pembahasan kali ini tentang cara menggunakan fungsi atau rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata data berupa angka di Excel. Jika ada yang kurang jelas silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Silahkan bagikan tutorial excel ini di akun sosial media agar teman-teman Anda juga mendapatkan manfaat yang sama.

Pertanyaan, saran atau kritik, silahkan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia.


Fungsi AVERAGE Excel, Rumus/Cara Menghitung Rata-rata di ExcelFungsi Average Excel: Panduan cara menghitung rumus rata rata di excel menggunakan fungsi Average excel.