Rumus Excel SUM, Cara Menjumlahkan Data Pada Microsoft Excel

Rumus Excel SUM, Cara Menjumlahkan Data Pada Microsoft Excel

Menggunakan Fungsi SUM Microsoft Excel

Pada rumus excel, Fungsi SUM digunakan melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang kita tentukan sebagai argumen.

Setiap argumen bisa merupakan range, referensi sel, array, konstanta, rumus, atau hasil dari fungsi lain.

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang paling banyak diketahui dan digunakan setiap pengguna aplikasi program Excel.

Jika anda bermaksud ingin mengetahui cara mengurangi, menjumlah selain dengan fungsi SUM, serta mengalikan dan membagi sebuah data silahkan menuju ke halaman berikut:

Rumus Excel Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian

Lalu bagaimana cara menggunakan fungsi sum ini pada microsoft excel?


SINTAKS FUNGSI SUM


Cara penulisan fungsi sum dalam rumus excel adalah sebagai berikut:

SUM(number1;[number2];...)

Keterangan Sintaks

  • number1 : Argumen angka pertama yang ingin kita tambahkan.
  • number2 : (Opsional) Argumen angka lain yang ingin kita tambahkan. Maksimal sampai 255 Argumet


CONTOH RUMUS EXCEL SUM


Untuk contoh penggunaan fungsi SUM dalam rumus excel silahkan perhatikan beberapa contoh berikut ini :

Contoh Penggunaan Rumus SUM Excel 1


Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 1

Pada contoh pertama diatas rumus sum excel yang digunakan adalah:

=SUM(A2;A3;A4;A5;A6)

Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai pada sel A2, A3, A4, A5 dan A6. Hasilnya adalah 360.

Selain menggunakan rumus diatas cara lain melakukan penjumlahan range A2:A6 seperti diatas adalah dengan rumus:

=SUM(A2:A6)

Rumus excel diatas menjumlahkan setiap nilai sel pada range A2:A6. Hasilnya adalah 360

Contoh Penggunaan Rumus SUM Excel 2


Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 2

Pada contoh ke-2 ini rumus sum digunakan untuk melakukan penjumlahan range yang berbeda kolom.

=SUM(A2:A6;B2:B6)

Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai sel yang ada di range A2:A6 dan B2:B6. Hasilnya adalah 710.

Jika range-range yang berbeda ini tidak terpisah oleh kolom lain anda juga bisa melakukan penjumlahan dengan rumus seperti ini:

=SUM(A2:B6)

Rumus diatas melakukan penjumlahan setiap nilai sel yang ada range A2:B6. Hasilnya dalah 710.

Contoh Penggunaan Rumus SUM Excel 3


Selain melakukan penjumlahan nilai angka pada sebuah sel atau range data. fungsi SUM juga bisa digunakan untuk melakukan penjumlahan dari hasil fungsi atau rumus excel yang lain.

Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 3

Pada rumus pertama:

=SUM(MAX(A2:A6);MAX(B2:B6))

Pada rumus diatas Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sebuah sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai maksimal (Tertinggi) pada range A2:A6 dengan nilai maksimal (Tertinggi) pada range B2:B6. hasilnya adalah 200+100 = 300

Pada rumus kedua:

=SUM(MIN(A2:A6);MIN(B2:B6))

Pada rumus diatas Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari sebuah sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai minimal(terendah) pada range A2:A6 dengan minimal(terendah) pada range B2:B6. hasilnya adalah 25:50 = 75

CATATAN DALAM MENGGUNAKAN FUNGSI SUM


Jika argumen pada fungsi SUM adalah array atau referensi sel/range, hanya nilai angka di dalam array atau referensi itu yang dihitung. Sel kosong, nilai logika, atau teks dalam array atau referensi diabaikan.

Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 4

Jika argumen adalah nilai kesalahan, atau jika argumen adalah teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka, Microsoft Excel akan menampilkan pesan error.

Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 5

Untuk melakukan penjumlahan atau menambahkan nilai angka dengan syarat tertentu maka kita bisa memakai fungsi SUMIF atau SUMIFS.

0 komentar