Fungsi SUM : Cara Menjumlahkan Data Pada Microsoft Excel

Menggunakan Fungsi SUM Microsoft Excel

Fungsi SUM digunakan untuk menambah semua angka yang kita tentukan sebagai argumen. Setiap argumen bisa merupakan range, referensi sel, array, konstanta, rumus, atau hasil dari fungsi lain.

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang paling banyak diketahui dan digunakan setiap pengguna aplikasi Excel. Jika anda bermaksud ingin mengetahui cara mengurangi, menjumlah selain dengan fungsi SUM, mengalikan dan membagi sebuah data silahkan menuju ke halaman berikut:

Rumus Excel Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian


SINTAKS FUNGSI SUM


Cara penulisan fungsi sum dalam rumus excel adalah sebagai berikut:

SUM(number1;[number2];...)

Keterangan Sintaks
  • number1 : (Diperlukan) Argumen angka pertama yang ingin kita tambahkan.
  • number2 : (Opsional) Argumen angka lain yang ingin kita tambahkan. Maksimal sampai 255 Argumet

CONTOH FUNGSI SUM


Untuk contoh penggunaan silahkan perhatikan gambar berikut ini :

Contoh Fungsi SUM Excel

Keterangan gambar:

FORMULAKETERANGAN
=SUM(10;20;30)Menambah konstanta 10,20 dan 30
=SUM(A2;B2;C2)Menambahkan nilai sel A2, nilai sel B2 dan nilai sel C2
=SUM(A2:C2)Menambahkan nilai range A2 sampai C2
=SUM(20;A2:C2)Menambahkan konstanta 20 dan Nilai pada range A2 sampai C2
=SUM(A2:B2;A3:B3)Menambahkan nilai range A2 sampai B2 dan nilai range A3 samapi B3

CATATAN :


  • Jika argumen adalah array atau referensi, hanya angka di dalam array atau referensi itu yang dihitung. Sel kosong, nilai logika, atau teks dalam array atau referensi diabaikan.
  • Jika argumen adalah nilai kesalahan, atau jika argumen adalah teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka, Excel akan menampilkan kesalahan.

Jika kita ingin menjumlahkan data namun dengan syarat tertentu maka kita bisa memkai fungsi SUMIF atau SUMIFS.

0 komentar