Beda Fungsi OR dan AND pada Microsoft Excel

Beda Fungsi OR dan AND pada Microsoft Excel

Artikel kali merupakan kelanjutan dari dua artikel sebelumnya tentang Fungsi AND dan Fungsi OR dalam program Microsoft Office Excel.

Perbedaan Fungsi AND dengan Fungsi OR adalah nilai untuk kondisi TRUE dan FALSE-nya. Pada fungsi AND, nilai TRUE akan digunakan jika semua kondisi terpenuhi (TRUE), dan nilai FALSE akan digunakan jika salah satu atau semua kondisi tidak terpenuhi (Salah satu atau semua kondisi FALSE).

Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut :

Tabel 1 Dengan Dua (2) Kondisi perbandingan
KONDISI 1 KONDISI 2 NILAI AND NILAI OR
TRUE TRUE TRUE TRUE
FALSE FALSE FALSE FALSE
TRUE FALSE FALSE TRUE
FALSE TRUE FALSE TRUE

Tabel 2 Dengan Tuga (3) Kondisi Perbandingan
KONDISI 1 KONDISI 2 KONDISI 3 NILAI AND NILAI OR
TRUE TRUE TRUE TRUE TRUE
FALSE FALSE FALSE FALSE FALSE
FALSE TRUE TRUE FALSE TRUE
TRUE FALSE TRUE FALSE TRUE
TRUE TRUE FALSE FALSE TRUE
FALSE FALSE TRUE FALSE TRUE
TRUE FALSE FALSE FALSE TRUE
FALSE TRUE FALSE FALSE TRUE

TRUE=BENAR=YA=Kondisi Terpenuhi
FALSE=SALAH=TIDAK=Kondisi Tidak Terpenuhi

Untuk lebih jelas mengenai kondisi TRUE dan FALSE ini kita juga perlu untuk memahami operator perbandingan dalam program microsoft Excel.

Biasanya dua Fungsi ini (OR dan AND) kita kombinasikan dengan fungsi-fungsi lain misal Fungsi IF dalam penerapannya di Excel.
Klik Untuk Memberikan Komentar/Pertanyaan

0 komentar