Perbedaan Penggunaan Fungsi AND dan OR pada Microsoft Excel

Perbedaan Penggunaan Fungsi AND dan OR pada Microsoft Excel

Menjelaskan tentang perbedaaan antara Fungsi atau Rumus OR dan AND excel dalam menghasilkan nilai uji logika True atau False Pada Microsoft Office Excel.
Beda Penggunaan Fungsi AND dan OR pada Microsoft Excel

Tutorial excel kita kali ini merupakan kelanjutan dari dua tutorial sebelumnya tentang pembahasan Fungsi AND dan Fungsi OR pada Microsoft Office Excel.

Jadi sebelum melanjutkan membaca tutorial excel ini, sebaiknya anda membaca dulu dua pembahasan sebelumnya tentang cara menggunakan fungsi AND dan cara menggunakan fungsi OR di excel.

Selanjutnya artikel tutorial kali ini akan membahas tentang bagaimana menggunakan fungsi AND dan OR dengan benar.

Perbedaan mendasar antara Fungsi Logika AND dan OR adalah syarat atau kondisi nilai untuk menghasilkan nilai logika TRUE dan FALSE-nya.

Pada fungsi atau rumus AND Excel, nilai True akan dihasilkan jika semua kondisi terpenuhi, dan akan menghasilkan nilai False jika salah satu atau semua kondisi tidak terpenuhi (Salah satu atau semua kondisi False).

Sedangkan pada fungsi atau rumus OR Excel, nilai True akan dihasilkan jika salah satu atau semua kondisi logika yang diuji menghasilkan nilai TRUE. Serta hanya akan menghasilkan nilai logika FALSE, jika semua argumen yang diuji bernilai FALSE.

TRUE = Benar = Ya = Kondisi Terpenuhi
FALSE = Salah = Tidak = Kondisi Tidak Terpenuhi

Silahkan perhatikan tabel perbandingan berikut:

Tabel 1 Fungsi AND dan OR Dengan Dua (2) Kondisi Perbandingan


Tabel Fungsi AND-OR Dengan 2 Kondisi

Tabel 2 Fungsi AND dan OR Dengan Tiga (3) Kondisi Perbandingan


Tabel Fungsi AND-OR Dengan 3 Kondisi

Tabel 3 Fungsi AND dan OR Dengan Empat (4) Kondisi Perbandingan


Tabel Fungsi AND-OR Dengan 4 Kondisi

Untuk menyusun kondisi TRUE dan FALSE pada sebuah rumus excel ini kita perlu memahami operator perbandingan pada program microsoft Excel.

Pada tabel diatas jika anda perhatikan fungsi AND hanya menghasilkan nilai logika TRUE Jika semua uji logika yang dilakukan menghasilkan evaluasi TRUE. Jika salah satu uji logika ada nilai False-nya maka fungsi atau rumus AND akan menghasilkan nilai logika FALSE.

Pada fungsi OR, nilai logika True dihasilkan asal ada salah satu argument bernilai True, dan jika semua uji logikanya menghasilkan evaluasi ke False maka fungsi atau rumus OR akan menghasilkan nilai False.

Dalam penerapannya anda harus benar-benar jeli dan teliti kapan harus menggunakan fungsi AND excel dan kapan harus menggunakan OR Excel.

Pada kasus tertentu kita hanya butuh fungsi AND, pada kasus lain bisa jadi hanya butuh fungsi OR.

Pada lain kasus kita butuh memasukkan fungsi OR kedalam argument fungsi AND dan sebaliknya pada saat yang lain barangkali kita perlu memasukkan fungsi AND ke dalam argumnet fungsi OR.

Secara umum kasus-kasus rumus excel yang melibatkan banyak kriteria biasanya menggunakan 2 jenis fungsi logika, yakni logika OR, logika AND atau keduanya sekaligus (AND-OR/OR-AND).

Apabila anda masih bingung saya kasih analogi begini:

Dalam sebuah ruangan ada 20 Orang yang terdiri dari :
  • 5 Orang Laki-laki memakai baju berwarna putih
  • 3 Orang Laki-laki memakai baju berwarna merah
  • 2 Orang Laki-laki memakai baju berwarna hitam
  • 4 Orang Wanita memakai baju berwarna putih
  • 4 Orang Wanita memakai baju berwarna merah
  • 2 Orang Wanita memakai baju berwarna hitam

Berapakah Jumlah Laki-laki dan berbaju merah?

Jawabannya adalah 3. Ini logika AND yang mana kedua kriteria Laki-laki dan berbaju merah harus terpenuhi untuk dimasukkan dalam hitungan.

Berapakah Jumlah yang berbaju merah atau hitam?

Jawabannya adalah 11 (3+2+4+2). Ini Logika OR yang meghitung siapapun yang memenuhi salah satu kriteria.

Berapakah jumlah Laki-laki dan (berbaju putih atau hitam)?

Jawabannya adalah 7 (5+2). Ini Logika Campuran AND-OR. Yang dihitung hanya Laki-laki yang berbaju putih atau laki-laki yang berbaju hitam.

Berapakah jumlah (Laki-laki atau Wanita) dan berbaju putih?

Jawabannya 9 (5+4). Ini Logika Campuran AND-OR. Yang dihitung adalah semua Laki-laki dan wanita namun hanya yang berbaju putih saja.

Pada 2 pertanyaan terakhir saya menggunakan tanda kurung, hal ini untuk menyatakan kesatuan saja. Sebab pertanyaan tersebut bisa saaj diinterpretasikan berbeda. Hal yang sama berlaku juga saat kita menggunakan fungsi logika OR atau AND pada rumus excel. Anda harus jeli dalam meletakan sebuah fungsi di dalam fungsi.

Biasanya dua Fungsi ini (OR dan AND) kita kombinasikan dengan fungsi-fungsi lain misal Fungsi IF dalam penerapannya di Excel.

Untuk contoh penerapan gabungan fungsi IF, AND dan OR bisa anda baca pada halaman berikut: Rumus Excel Gabungan dengan Fungsi IF, OR dan AND

Demikian pembahasan tutorial excel kita kali ini, jika masih ada yang belum jelas silahkan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia.
Silahkan bagikan tulisan ini di akun sosial media agar teman-teman Anda juga mendapatkan manfaat yang sama. Apabila ada pertanyaan, saran atau kritik, silahkan disampaikan melalui kolom komentar.

Perbedaan Penggunaan Fungsi AND dan OR pada Microsoft ExcelMenjelaskan tentang perbedaaan antara Fungsi atau Rumus OR dan AND excel dalam menghasilkan nilai uji logika True atau False Pada Microsoft Office Excel.