Perbedaan Fungsi OR dan Fungsi AND pada Microsoft Excel

Perbedaan Fungsi OR dan Fungsi AND pada Microsoft Excel

Beda Fungsi OR dan AND pada Microsoft Excel

Artikel kali merupakan kelanjutan dari dua artikel sebelumnya tentang Fungsi AND dan Fungsi OR pada program Microsoft Office Excel.

Perbedaan mendasar antara Fungsi AND dengan Fungsi OR adalah syarat atau kondisi nilai untuk menghasilkan nilai logika TRUE dan FALSE-nya.

Pada fungsi atau rumus AND Excel, nilai True akan dihasilkan jika semua kondisi terpenuhi, dan akan menghasilkan nilai False jika salah satu atau semua kondisi tidak terpenuhi (Salah satu atau semua kondisi False).

Sedangkan pada fungsi atau rumus OR Excel, nilai True akan dihasilkan jika salah satu atau semua kondisi logika yang diuji menghasilkan nilai TRUE. Serta hanya akan menghasilkan nilai logika FALSE, jika semua argumen yang diuji bernilai FALSE.

TRUE = Benar = Ya = Kondisi Terpenuhi
FALSE = Salah = Tidak = Kondisi Tidak Terpenuhi

Silahkan perhatikan tabel perbandingan berikut:

Tabel 1 Fungsi AND dan OR Dengan Dua (2) Kondisi Perbandingan


Tabel Fungsi AND-OR Dengan 2 Kondisi

Tabel 2 Fungsi AND dan OR Dengan Tiga (3) Kondisi Perbandingan


Tabel Fungsi AND-OR Dengan 3 Kondisi

Tabel 3 Fungsi AND dan OR Dengan Empat (4) Kondisi Perbandingan


Tabel Fungsi AND-OR Dengan 4 Kondisi

Untuk menyusun kondisi TRUE dan FALSE pada sebuah rumus excel ini kita perlu memahami operator perbandingan pada program microsoft Excel.

Pada tabel diatas jika anda perhatikan fungsi AND hanya menghasilkan nilai logika TRUE Jika semua uji logika yang dilakukan menghasilkan evaluasi TRUE. Jika salah satu uji logika ada nilai False-nya maka fungsi atau rumus AND akan menghasilkan nilai logika FALSE.

Pada fungsi OR, nilai logika True dihasilkan asal ada salah satu argument bernilai True, dan jika semua uji logikanya menghasilkan evaluasi ke False maka fungsi atau rumus OR akan menghasilkan nilai False.

Dalam penerapannya anda harus benar-benar jeli dan telilti kapan sat harus menggunakan fungsi AND excel dan kapan harus menggunakan OR Excel.

Pada kasus tertentu kita hanya butuh fungsi AND, pada kasus lain bisa jadi hanya butuh fungsi OR.

Pada lain kasus kita butuh memasukkan fungsi OR kedalam argument fungsi AND dan sebaliknya pada saat yang lain barangkali kita perlu memasukkan fungsi AND ke dalam argumnet fungsi OR.

Untuk contoh penerapan gabungan fungsi IF, AND dan OR bisa anda baca pada halaman berikut: Rumus Excel Gabungan dengan Fungsi IF, OR dan AND

Biasanya dua Fungsi ini (OR dan AND) kita kombinasikan dengan fungsi-fungsi lain misal Fungsi IF dalam penerapannya di Excel.

0 komentar