Fungsi/Rumus OR Pada Microsoft Excel

Fungsi/Rumus OR Pada Microsoft Excel

Rumus OR Excel : Contoh dan cara menggunakan fungsi OR pada microsoft excel untuk melakukan uji logika untuk menghasilkan nilai logika True atau False.
Cara Menggunakan Fungsi/Rumus Logika OR Excel

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel?

Pada microsoft excel, Fungsi OR juga termasuk kedalam kategori fungsi logika seperti . Kegunaan fungsi excel OR dan AND sama-sama membandingkan dua atau lebih kondisi sehingga menghasilkan nilai True atau False.

Apa dan bagaimana manfaat atau kegunaan fungsi OR pada Excel? mari kita pelajari bersama.



PENGERTIAN FUNGSI OR EXCEL


Fungsi OR adalah Fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE jika salah satu argumennya bernilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika semua argumen FALSE. Jadi dalam hal menghasilkan nilai logika True atau False, Fungsi OR merupakan kebalikan dari fungsi AND.

Saat menggunakan rumus OR, nilai logika TRUE akan dihasilkan jika salah satu atau semua kondisi terpenuhi. Sedangkan nilai logika FALSE akan dihasilkan jika semua kondisi tidak terpenuhi.

UJI LOGIKAHASIL RUMUS OR
Semua kondisi bernilai TRUETRUE
Semua kondisi bernilai FALSEFALSE
Salah satu/lebih kondisi bernilai TRUETRUE

Perbedaan Fungsi AND dengan Fungsi OR adalah syarat atau kondisi nilai untuk menghasilkan nilai boolean TRUE dan FALSE-nya.

Perhatikan tabel fungsi logika OR excel dibawah ini untuk lebih jelasnya tentang nilai logika TRUE atau FALSE yang akan dihasilkan oleh fungsi OR Excel saat membandingkan argumen-argumennya:

Tabel Fungsi OR Dengan 2 Kondisi Evaluasi


Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 2 kondisi evaluasi.

Fungsi OR 2 Kondisi

Tabel Fungsi OR Dengan 3 Kondisi Evaluasi


Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 3 kondisi evaluasi.

Fungsi OR 3 Kondisi

Fungsi AND hanya akan menghasilkan nilai logika TRUE jika semua kondisi TRUE, sedangkan pada fungsi OR hanya akan menghasilkan nilai logika FALSE jika semua kondisi FALSE.

Pembahasan lebih detail tantang perbedaan fungsi atau rumus AND dan OR ini bisa anda baca pada halaman berikut:

CARA MENGGUNAKAN RUMUS OR


Cara penulisan fungsi OR pada rumus excel adalah sebagai berikut:

OR(Logika1; [Logika2]; ...)

Argumen Fungsi OR:
Logika1
Kondisi pertama yang ingin kita uji yang akan dievalusi ke TRUE atau FALSE.
Logika2; ...
(Opsional) Kondisi tambahan yang ingin kita uji. Maksimal 255 kondisi.

Setiap argumen pada fungsi OR harus mengevaluasi terhadap nilai logika(TRUE/FALSE), atau berupa array serta referensi sel yang berisi nilai logika (TRUE/FALSE).

CONTOH RUMUS OR EXCEL


Berikut beberapa contoh dasar penggunaan fungsi atau Rumus OR excel.

Contoh Rumus OR Excel 1


perhatikan contoh sederehana rumus OR Excel berikut:

Contoh Rumus OR Excel

Pada contoh nomor 6 (cell C7), rumus excel OR yang digunakan:

=OR(10>5;10>15;10>20)

Evaluasi rumus diatas adalah:

=OR(TRUE;FALSE;FALSE)

Meskipun nilai 10 tidak lebih dari 15 dan 20 rumus excel ini akan menghasilkan nilai logika TRUE, sebab fungsi OR hanya akan meghasilkan nilai logika False jika hasil uji logika semua argument mengevaluasi ke False.

Contoh Rumus OR Excel 2


Selanjutnya perhatikan juga contoh rumus OR pada excel berikut:

Contoh Rumus Excel OR

Pada contoh diatas rumus excel pada sel D2 adalah:

=OR(A2>70;B2>70)

Jika diterjemahkan ke dalam kalimat kira-kira akan seperti ini:

Apakah A2 lebih dari 70 ATAU B2 Lebih dari 70?

Evalusi rumus diatas adalah:

=OR(TRUE;FALSE)

Dan hasilnya adalah TRUE, sebab salah satu argumentnya bernilai TRUE.

Contoh Rumus OR Pada Fungsi IF


Pada contoh berikut, fungsi OR digunakan sebagai salah satu argument pada fungsi IF Excel.

Contoh Rumus IF-OR

=IF(OR(A2>70;B2>70);"Lulus";"Tidak Lulus")

Pada contoh diatas, Fungsi OR digunakan untuk menentukan nilai akhir dari fungsi IF.

Fungsi OR pada rumus excel tersebut akan menetukan nilai TRUE atau FALSE pada Rumus IF Gabungan.

Cara semacam ini tentunya lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan rumus iF bertingkat untuk menghasilkan nilai yang sama untuk beberapa kondisi.

Pada rumus pertama jika diterjemahkan menjadi kalimat kira-kira akan seperti ini:

Apakah Nilai A2 lebih dari 70 ATAU Nilai B2 lebih dari 70? Jika YA maka tulis Lulus, Jika TIDAK maka tulis Tidak lulus.

Pada contoh ini jika salah satu nilainya lebih dari 70 maka akan menghasilkan teks "Lulus".

Seperti yang telah anda pelajari dari contoh rumus OR di atas seringkali anda akan membutuhkan operator perbandingan excel dalam menggunakan fungsi OR excel ini.

Pada prakteknya anda harus benar-benar jeli untuk memutuskan kapan harus menggunakan fungsi AND dan kapan harus menggunakan fungsi atau rumus OR excel ini.

Penjelasan lebih lengkap tentang fungsi IF gabungan dengan fungsi AND atau OR (IF-OR, IF-AND, IF-OR-AND atau IF-AND-OR) bisa anda pelajari pada halaman berikut: Rumus Excel Gabungan Fungsi IF dengan fungsi OR dan AND

Baca Tutorial Excel Lainnya: