Pengertian Cell dan Range serta Row dan Column di Excel

Pengertian Cell dan Range serta Row dan Column di Excel

Menjelaskan pengertian cell dan range serta pengertian row dan column di excel dan juga cara berpindah antar sel pada sebuah worksheet microsoft office excel
Pengertian Row, Column, Cell dan Range di Excel

Apasih yang dimaksud dengan istilah cell, range, cell dan column pada microsoft excel?

Setelah mengerti perbedaan workbook dan worksheet pada microsoft excel, kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian Cell dan Range serta menjelaskan tentang Row dan Column dalam istilah Excel atau perbedaan baris dan kolom.

Tutorial excel ini ditujukan untuk anda yang memang benar-benar nol dan baru mengenal excel. Untuk anda yang sudah mengerti tentang konsep dasar penggunaan excel, tutorial kali ini bisa anda lewati. Namun demikian tidak ada salahnya anda baca dulu, barangkali ada satu dua hal yang terlewat belum anda ketahui.

Jika sebelumnya anda sudah membaca penjelasan tentang buku kerja (worksheet) dan lembar kerja (workbook) excel yang sudah diulas sebelumnya, memahami bagian ini akan lebih mudah lagi. Sebab pada bagian tersebut Kelas Excel juga sudah sedikit menyinggung tentang penjelasan istilah Row, Column, Cell dan Range pada microsoft excel.


Sebelum membahas tentang pengertian cell dan range kita bahas dulu pengertian row dan column pada excel.

PENGERTIAN ROW (BARIS) PADA EXCEL


Pengertian Row yang dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai "Baris" adalah bagian dari worksheet yang melintang horisontal ke samping dan ditandai dengan nomor angka 1,2,3 sampai 1.048.576.

Pengertian Row (Baris) di Excel

Pada Excel 2003 jumlah row atau baris excel yang disediakan oleh excel hanya 65.536 saja.

Mulai versi excel 2007, jumlah row atau baris pada microsoft excel adalah 1.048.576. Angka terakhir pada bagian bawah worksheet sebelah kiri menunjukkan jumlah baris yang disediakan oleh microsoft excel.

PENGERTIAN COLUMN (KOLOM) PADA EXCEL


Column dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai "Kolom", merupakan bagian dari worksheet yang melintang vertikal ke atas dan ditandai dengan huruf A,B,C, dan seterusnya sampai XFD.

Pengertian Column (Kolom) di Excel

Pada excel 2003 jumlah kolom hanya sampai huruf IV atau 256 kolom saja, sedangkan pada versi excel 2007 ke atas Column atau kolom sampai huruf XFD yang merupakan kolom ke-16.384.

JUMLAH KOLOM DAN BARIS EXCEL :
  • Excel 2003 ke bawah : 65.536 baris | 256 kolom
  • Excel 2007 ke atas : 1.048.576 baris | 16.384 kolom

PENGERTIAN CELL (SEL) PADA EXCEL


Apa yang dimaksud dengan sel dalam excel?

Pengertian Cell atau sel adalah sebuah kotak kecil pada worksheet yang merupakan titik pertemuan antara Row dan Column.

Jadi pertemuan antara baris dan kolom disebut dengan cell atau sel excel.

Sebuah sel excel biasanya diberi nama atau alamat sesuai dengan nama kolom dan nomor barisnya. Misalnya titik pertemuan antara kolom C dan baris nomor 5 disebut dengan Sel C5, dengan kata lain Sel C5 merupakan sel excel yang berada di kolom C dan baris ke-5.

Pengertian Cell (Sel) di Excel

Nama atau alamat cell yang sedang aktif bisa anda lihat pada bagian formula bar sebelah kiri yang disebut dengan namebox seperti yang nampak pada gamar di atas.

Pada excel 2003 ke bawah jumlah sel excel dalam sebuah worksheet adalah 16.777.216. Sedangkan Pada Excel 2007 ke atas dalam sebuah worksheet memuat 17 Milliar sel atau angka tepatnya 17.179.869.184 sel.

PENGERTIAN RANGE (RENTANG) PADA EXCEL


Apa yang dimaksud dengan istilah range dalam excel?

Jika Cell adalah pertemuan antara Row dan Column atau pertemuan baris dan kolom, maka RANGE atau dalam istilah Indonesia diartikan sebagai rentang adalah gabungan dari beberapa sel pada sebuah worksheet excel.

Jadi, gabungan atau kumpulan dari beberapa cell pada microsoft excel disebut dengan range atau rentang.

Pengertian Range (Rentang) di Excel

Sekelompok Sel yang tergabung dan disebut dengan range disini bisa dalam satu baris, satu kolom, maupun beberapa baris dan kolom.

Sebuah sel atau range pada worksheet excel bisa juga kita beri nama tertentu sehingga mudah untuk diingat sesuai kebutuhan. Caranya bisa anda baca pada halaman berikut: Cara Memberi Nama Range Pada Excel.

BERPINDAH ANTAR CELL DI EXCEL


Selain menggunakan mouse untuk mengaktifkan atau memilih sebuah sel kita bisa juga mengaktifkan atau berpindah antar sel dengan tombol-tombol pada keyboard.

Tombol shortcut pada keyboard yang bisa anda gunakan untuk berpindah antar sel didalam sebuah worksheet antara lain:
SHORTCUT FUNGSI
← ↑ → ↓ Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
Tab Pindah satu sel ke kanan
Shift + Tab Pindah satu sel ke kiri
Enter Pindah satu sel ke bawah
Shift + Enter Pindah satu sel ke atas
Ctrl + → Pindah satu sel paling kiri pada kolom pertama
Ctrl + ← Pindah satu sel paling kanan pada kolom terakhir
Ctrl + ↑ Pindah satu sel paling atas pada baris pertama
Ctrl + ↓ Pindah satu sel paling bawah pada baris terakhir
Home Pindah ke kolom A
Ctrl + Home Pindah ke sel A1
PgUp Pindah satu layar ke atas
PgDn Pindah satu layar ke bawah
Alt + PgUp Pindah satu layar ke kiri
Alt + PgDn Pindah satu layar ke kanan
Ctrl + PgUp Pindah ke worksheet berikutnya
Ctrl + PgDn Pindah ke worksheet sebelumnya

Selain memanfaatkan namebox kita juga bisa mengetahui posisi baris atau kolom dengan fungsi excel. Silahkan anda pelajari pada bagian berikut: Cara mengetahui Posisi serta Jumlah Baris dan Kolom pada Microsoft Excel

Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian row, column, cell dan range pada microsoft office excel. Selanjutnya silahkan pelajari beberapa panduan dasar excel berikut.

Sebelum pergi jangan lupa di Bookmark dan share artikel tutorial excel ini dengan tombol yang sudah tersedia di bawah. Salam Kelas Excel.

Silahkan bagikan tulisan ini di akun sosial media agar teman-teman Anda juga mendapatkan manfaat yang sama. Apabila ada pertanyaan, saran atau kritik, silahkan disampaikan melalui kolom komentar.

Pengertian Cell dan Range serta Row dan Column di ExcelMenjelaskan pengertian cell dan range serta pengertian row dan column di excel dan juga cara berpindah antar sel pada sebuah worksheet microsoft office excel