Fungsi/Rumus REPLACE, Cara Mengubah Beberapa Karakter Teks di Excel Dengan Teks Lain

Fungsi/Rumus REPLACE, Cara Mengubah Beberapa Karakter Teks di Excel Dengan Teks Lain

Cara menggunakan fungsi/rumus replace pada excel untuk mengubah atau mengganti sebuah teks pada posisi tertentu dengan teks lain yang juga bisa digunakan untuk menyisipkan kata atau menambahkan kata di excel.
Fungsi/Rumus REPLACE Excel - Cara Mengganti Sebagian Karakter Teks di Excel

Fungsi Replace - Apakah anda sedang bingung untuk mengubah sebuah teks atau kata tertentu pada excel? Atau barangkali anda ingin menyisipkan kata atau menambahkan kata tertentu pada data teks excel yang sudah ada. Jika benar demikian maka anda sedang membaca tutorial excel yang tepat.

Pada Microsoft Excel, fungsi atau rumus Replace merupakan fungsi yang digunakan untuk mengubah atau mengganti sebagaian karakter teks dengan teks lain berdasarkan informasi posisi atau urutannya dalam kalimat serta seberapa banyak karakter yang ingin dirubah atau diganti.

Fungsi ini mirip dengan fungsi SUBSTITUTE yang sudah kita bahas sebelumnya. Jika SUBSTITUTE mengganti teks berdasarkan informasi teks yang kita berikan, Fungsi REPLACE akan merubah teks lama dengan teks lain berdasarkan informasi posisi karakter dan jumlah karakter pada teks yang akan diubah.

Apabila anda hendak mengganti sebuah kata atau teks pada excel, gunakan fungsi REPLACE jika anda tahu dimana posisi serta jumlah karakter teks tersebut. Apabila yang anda ketahui adalah teks yang akan di ubah atau diganti maka gunakan fungsi SUBSTITUTE.

Misal jika anda ingin mengganti kata "saya" dengan "aku" maka gunakan fungsi SUBSTITUTE. Jika hendak mengganti setiap teks mulai karakter ke 10 sebanyak 5 karakter maka gunakan fungsi REPLACE.


CARA MENGGUNAKAN FUNGSI REPLACE


Cara menggunakan fungsi REPLACE pada rumus excel adalah sebagai berikut:

REPLACE(old_text; start_num; num_chars; new_text)

Keterangan:
  • Old_text, merupakan teks atau karakter lama yang akan kita rubah dengan teks lain.
  • Start_num, posisi atau urutan karakter pada Old_text yang akan kita gantikan dengan teks lain.
  • Num_chars, jumlah atau banyak karakter pada Old_Text yang akan kita rubah dengan New_Text.
  • New_text, merupakan text lain atau text baru yang akan menggantikan text pada Old_text

CONTOH RUMUS REPLACE EXCEL


Contoh Fungsi REPLACE Microsoft Excel

Misal di sel A1 terdapat text "Saya dan kamu sedang belajar excel". untuk mengganti teks "kamu" dengan anda gunakan rumus excel berikut:

=REPLACE(A1;10;4;"anda")

Pada text A1 diatas teks "kamu" ada diurutan ke-10 dari teks "Saya dan kamu sedang belajar excel" dan jumlah karakter kamu adalah 4.

Kalau hanya untuk tujuan diatas sebenarnya lebih mudah menggunakan fungsi SUBSTITUTE untuk merubah kata kamu. Contoh ini hanya untuk memahami cara kerja fungsi REPLACE saja.

Untuk mengisi argumen Start_num bisa kita gunakan fungsi FIND atau SEARCH yang sudah kita pelajari pada artikel sebelumnya, contoh rumus excel gabungannya seperti ini:

Misal di A2 terdapat teks "Saya lahir tahun 1945"

=REPLACE(A2;FIND(1945;A2;1);4;"1980")

Hasil rumus diatas adalah: Saya lahir tahun 1980

Bisa juga kita gunakan Fungsi LEN atau fungsi-fungsi terkait lainnya sesuai kebutuhan. contohnya seperti ini:

=REPLACE(A2;1;LEN(A2);"www.kelasexcel.web.id")

Selain menggunakan rumus excel kita juga bisa memanfaatkan fitur menu Replace untuk mengubah atau mengganti sebuah kata atau teks. Silahkan dibaca panduannya melalui link dibawah ini:
  1. Cara Menggunakan Fitur FIND Excel
  2. Cara Menggunakan Fitur REPLACE Excel

Silahkan bagikan tutorial excel ini di akun sosial media agar teman-teman Anda juga mendapatkan manfaat yang sama.

Pertanyaan, saran atau kritik, silahkan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia.


Fungsi/Rumus REPLACE, Cara Mengubah Beberapa Karakter Teks di Excel Dengan Teks LainCara menggunakan fungsi/rumus replace pada excel untuk mengubah atau mengganti sebuah teks pada posisi tertentu dengan teks lain yang juga bisa digunakan untuk menyisipkan kata atau menambahkan kata di excel.