Cara Menggunakan Fitur FIND dan REPLACE Excel Lebih Mendalam (Bag.1)

Pada tutorial excel kali ini saya akan membahas cara menggunakan fitur FIND dan REPLACE yang terdapat pada Microsoft Excel untuk melakukan pencarian data. Kita juga akan belajar tentang penggunaan fitur ini secara lebih mendalam tentang penggunaan karakter whilcard, pencarian data dalam bentuk formula atau rumus excel serta format tertentu, melakukan pencarian dan merubah data pada semua worksheet dan workbook yang sedang terbuka dan lain sebagainya.

Find and Replace Microsoft Excel

Agar tidak terlalu panjang dan membosankan tutorial kali ini akan saya bagi menjadi dua bagian.

Pada bagian pertama ini akan dibahas tentang fitur FIND terlebih dahulu. Setelah itu menyusul bagian kedua tentang Fitur REPLACE.


Apa yang saya maksud dengan fitur FIND dan REPLACE ini berbeda dengan fungsi FIND atau SEARCH dan fungsi REPLACE yang biasa digunakan pada penulisan rumus excel. FIND dan REPLACE sebagai fungsi Excel sudah saya jelaskan pada bagian lain di blog tutorial excel ini.


FITUR FIND EXCEL

Fitur FIND digunakan untuk mencari dan menemukan data tertentu pada Excel.

MENCARI TEKS PADA SEBUAH RANGE, WORKSHEET, ATAU WORKBOOK


Untuk menemukan karakter, teks, angka, atau tanggal tertentu pada microsoft excel ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Seleksi sembarang sel pada worksheet atau seleksi range tertentu jika kita ingin membatasi pencarian pada range tertentu. Pada contoh dibawah ini saya membatasi pencarian pada kolom C saja.

    Fitur FIND Microsoft Excel

  2. Buka Find Dialog Box pada menu Home--Editing Group--Find &Select--Find... . Sebagai alternatif anda bisa menggunakan Shortcut Ctrl+F.

    Fitur FIND Microsoft Excel

  3. Pada kotak Find what masukkan kata kunci yang ingin anda cari atau temukan.

    Fitur FIND Microsoft Excel

  4. Tekan enter atau tombol Find Next.

Setelah menekan tombol Find Next maka excel akan mencari kata kunci atau teks yang anda masukkan. Menekan Find Next berikutnya excel akan berpindah ke sel lain berikutnya yang berisi kata kunci atau teks yang anda cari. Begitu seterusnya.

Jika anda menekan tombol Find All maka excel akan memberikan list atau daftar sel yang mengandung kata kunci yang anda cari.

Fitur FIND Microsoft Excel

Untuk pencarian yang lebih spesifik anda bisa membuka menu options pada dialog box tersebut.

Fitur FIND Microsoft Excel

Keterangan:
  • Within: Digunakan untuk membatasi pencarian pada sheet aktif saja atau pada workbook.
  • Search: Melakukan pencarian secara menurun (by Rows) atau menyamping (by Columns) dimulai dari sel aktif.
  • Lookin: Melakukan pencarian pada rumus excel (Formula), nilai sel (Value) atau Komentar (Comments)
  • Match Case, merupakan opsi untuk pencarian secara sensitif huruf besar kecil (Sama persis) atau tidak.
  • Match entire cell contents, menemukan sel yang hanya berisi kata kunci/teks pencarian saja.

MENCARI TEKS ATAU NILAI SEL DENGAN FORMAT TERTENTU


Untuk melakukan pencarian teks pada sel yang memiliki format tertentu lakukan langkah-langkah seperti diatas. Setelah Find and Replace dialog box muncul klik options. Pada bagian Format... pilih Format... .

Fitur FIND Microsoft Excel

Berikutnya akan muncul kotak dialog Find Format. Tentukan format sel yang anda kehendaki.

Fitur FIND Microsoft Excel

Jika anda menghendaki format sel yang sudah ada pada sheet maka pilihlah Choose Format From Cell dan pilihlah salah satu sel pada worksheet yang sesuai dengan format yang anda maksud.

Fitur FIND Microsoft Excel

Jika menggunakan fitur FIND and REPLACE dengan format tertentu, jangan lupa melakukan Clear Find Format setiap melakukan pencarian baru. Sebab format tersebut akan tetap tersimpan sampai kita keluar dari excel.

MENCARI SEL YANG BERISI RUMUS EXCEL


Untuk melkukan pencarian pada rumus langkah-langkahnya masih sama. Hanya pada options Look In: tentukan pencarian pada formulas atau rumus excel.

Pada gambar dibawah ini saya ingin melakukan pencarian pada formula excel yang mengandung teks "AVERAGE".

Fitur FIND Microsoft Excel

MELAKUKAN SELEKSI DAN MENGHAPUS SEMUA SEL YANG BERISI TEKS ATAU NILAI TERTENTU


Fitur FIND pada excel bisa juga dimanfaatkan untuk mlekukan seleksi sel-sel tertentu secara bersamaan. misalnya untuk data dibawah ini saya ingin menyeleksi sel yang mengandung teks "Jawa". Langkah-langkah yang diperlukan adalah:

  1. Seleksi seluruh kolom C, untuk melakukan pencarian hanya pada kolom C.
  2. Buka kotak dialog pencarian seperti sebelumnya atau cukup dengan shortcut Ctrl+F.
  3. Tuliskan "Jawa" pada bagian Find What:
  4. Klik Find All
  5. Untuk menseleksi sebagian atau seluruh sel yang mengandung teks "Jawa", setelah list cel yang mengandung kata jawa muncul pilih satu persatu dengan cara menekan control+klik dengan mouse. Bisa juga dengan Ctrl+A untuk memilih seluruhnya.
Fitur FIND Microsoft Excel

Setelah terseleksi kita bisa melakukan tindakan lebih lanjut  misalkan melakukan copy paste sel-sel tersebut ke sheet lain. Jika menghendaki menghapus baris teks yang mengandung kata "Jawa" maka pilih menu Delete Sheet Rows.

Fitur FIND Microsoft Excel

Bersambuang ke bagian 2 : Cara Menggunakan Fitur FIND dan REPLACE Excel Lebih Mendalam (Bag.2)
Klik Untuk Memberikan Komentar/Pertanyaan

0 komentar