Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Cara menghitung persentase di excel

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel?

Menghitung persentase atau persen tidak bisa dipisahkan pada saat mengolah serta menyajikan hasil analisa data. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna atau pembaca data untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh hasil analisa data yang disajikan.

Persentase atau perseratus adalah adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%". Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus.

-Wikipedia-

Persentase dinyatakan dalam satuan persen atau dalam bahasa Inggris "percent" yang merupakan kependekan dari kata per centum yang berarti per seratus. Persen dinyatakan dalam lambang satuan %.

Setiap bilangan angka pada dasarnya dapat dinyatakan sebagai rasio perbandingan dengan angka 1. Angka 0,5 jika dinyatakan sebagai perbandingan, maka nilainya dapat ditulis sebagai 0,5/1.

Jika angka 0,5 dinyatakan dalam bentuk pecahan per seratus maka nilainya 50 % yang didapatkan dengan mengalikan angka 0,5 dengan 100/100.

50 persen artinya 50 perseratus yang nilainya sama dengan 50/100 = 0,50.

Lalu bagaimana cara menghitung persentase di Excel?


MENAMPILKAN PERSEN (%) DI EXCEL


Microsoft excel telah menyediakan fitur untuk merubah sebuah nilai angka yang ada di cell excel ke dalam berbagai macam format angka.

Salah satu format angka tersebut adalah format persentase (Percentage) sebagaimana yang telah kita ulas sebelumnya pada artikel tentang Custom Number Format Pada Excel.

Setidaknya ada 3 cara untuk merubah sebuah nilai angka pada Microsoft Excel agar menampilkan lambang satuan persen.

  1. Mengetikkan langsung lambang satuan % pada cell excel setelah mengetikkan angka.
  2. Memformat cell excel dengan mengubah style format persen (%) pada Tab Home--Number--Percent(%).

    Style format persen excel

    Cara ini bisa juga dilakukan dengan Shortcut Ctrl + Shift + %.
  3. Memilih format percentage pada kotak dialog Format Cells.

    Format Cell Percentage Excel

Catatan:
  1. Jika angka ditulis setelah cell diformat ke dalam persentase maka angka tersebut akan langsung menjadi bilangan persentase.
  2. Jika angka dimasukkan ke dalam cell terlebih dahulu, lalu di format ke dalam style persen maka excel akan otomatis mengalikan angka tersebut dengan bilangan 100 terlebih dahulu.

CARA MENGHITUNG PERSENTASE (%) DI EXCEL


Untuk dapat melakukan perhitungan persentase setidaknya dibutuhkan 2 Variable.

  1. Nilai yang akan di hitung persentasenya.
  2. Nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung persentasenya.

Rumus menghitung persentase di excel

Misal dari 10 soal Test yang diberikan anda bisa menjawab 8 soal dengan benar. berapakah persentase jawaban benar anda?

Maka jawabnya adalah:

8/10 * 100%

Hasilnya adalah 80%.

Adapun persentase jawaban salah adalah 20% didapatkan dengan rumus:

2/10 * 100%

Pada kasus perhitungan persentase, setidaknya dikenal 2 tipe perhitungan persentase, yakni persentase proporsi dan persentase perubahan.

Persentase perubahan sendiri ada 2 jenis yakni persentase kenaikan dan persentase penurunan.

MENGHITUNG PERSENTASE PROPORSI


Proporsi adalah pecahan yang pembilangnya merupakan bagian dari penyebutnya.

Dengan kata lain persentase proporsi menghitung persentase dari sebuah variabel dengan membandingkan variabel tersebut dengan pembandingnya yang mana varibale tersebut merupakan bagian dari variable pembanding tersebut.

Contohnya kasusnya begini:

Semisal pada tahun ajaran baru ada 200 siswa yang mendaftar. Dari 200 siswa pendaftar tersebut 80 berkelamin laki-laki dan sisanya 120 siswa berkelamin perempuan.

1. Berapakah persentase siswa laki-laki dari seluruh pendaftar?
2. Berapakah persentase siswa laki-laki dari seluruh pendaftar?

Untuk menghitung persentase tersebut mengikuti rumus matematika berikut:

Rumus menghitung persentase proporsi di excel

Dengan mengacu rumus matematika diatas pada microsoft excel rumus menghitung persentasenya adalah sebagai berikut:

Rumus excel untuk menghitung persentase proporsi 1

Sebenarnya pada microsoft excel untuk melakukan perhitungan persentase, anda tidak perlu mengalikan dengan 100% karena saat anda merubah format ke dalam style persen (%), excel secara otomatis akan mengalikan hasil perhitungan dengan 100%. Sehingga dengan menggunakan rumus excel seperti dibawah ini akan menghasilkan nilai persentase yang sama dengan rumus excel sebelumnya.

Rumus excel untuk menghitung persentase proporsi 2

Catatan: Rubah format pada kolom C menjadi style persen (%)

MENGHITUNG PERSENTASE PERUBAHAN


Dalam matematika, konsep persentase perubahan digunakan untuk menunjukkan perbedaan antara nilai sebelum (lama) dan nilai sesudah (baru) dalam bentuk persen nilai sebelum (lama).

Secara matematis menghitung persentase perubahan ini mengikuti rumus:

Rumus menghitung persentase perubahan di excel

Perhatikan contoh rumus menghitung persentase perubahan berikut:

Rumus excel untuk menghitung persentase perubahan

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 lalu copy paste ke bawah:

=(B3-B2)/B2

B3 merupakan nilai baru sedangkan B2 merupakan nilai awal (lama). B3-B2 digunakan untuk mencari nilai nilai perubahan.

Note:
- Nilai persen 0 menujukkan bahwa nilai terseut tidak mengalami perubahan dari nilai lama.
- Nilai persen positif (+) menunjukkan ada peningkatan/perubahan naik dari nilai sebelumnya.
- Nilai persen negatif (-) menunjukkan ada penurunan/perubahan turun dari nilai sebelumnya.

MENGHITUNG PERSENTASE PERUBAHAN KENAIKAN


Persentase perubahan kenaikan menunjukkan seberapa besar persen penambahan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai penambahan didapatkan dengan mengurangi nilai baru dengan nilai lama.

Secara matematis rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Rumus menghitung persentase kenaikan di excel

Contoh rumus perhitungan persentase kenaikan pada excel adalah sebagai berikut:

Rumus excel untuk menghitung persentase kenaikan

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 lalu copy paste ke bawah:

=(B3-B2)/B2

MENGHITUNG PERSENTASE PERUBAHAN PENURUNAN


Persentase perubahan penurunan menunjukkan seberapa besar persen penurunan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai perubahan didapatkan dengan mengurangi nilai lama dengan nilai baru.

Secara matematis rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Rumus menghitung persentase penurunan di excel

Contoh perhitungan persentase penurunan dengan rumus excel adalah sebagai berikut:

Rumus excel untuk menghitung persentase penurunan

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 lalu copy paste ke bawah:

=(B2-B3)/B2

Pada persentase perubahan nilai minus sebenarnya juga menunjukkan persentase perubahan penurunan.

Semoga penjelasan ditas bisa menjawab permasalahan anda tentang menghitung persentase di excel.

Untuk request tutorial excel silahkan kirimkan email ke [email protected] atau silahkan buka laman kontak yang telah disediakan.

0 komentar