Rumus Mengurutkan Angka di Excel Secara Otomatis

Rumus Mengurutkan Angka di Excel Secara Otomatis

Cara mengurutkan angka pada microsoft excel secara ascending atau descending dengan otomatis menggunakan rumus excel.
Cara mengurutkan angka di excel

Dengan beberapa langkah mudah Anda dapat mengurutkan sebuah data pada microsoft excel menggunakan fitur sort excel yang sudah kami bahas pada panduan sebelumnya.

Selain dengan fitur sort pada excel, Anda juga dapat menggunakan formula atau rumus excel untuk mengurutkan angka di excel. Dengan cara ini angka yang Anda masukkan akan otomatis tersusun secara urut.

Cara ini dibutuhkan jika Anda ingin menghasilkan Angka yang terurut pada range lain tanpa mengubah susunan urutan data aslinya.

Bagaimana caranya?

Silahkan ikuti tutorial mengurutkan angka di excel berikut ini.


MENGURUTKAN ANGKA DENGAN RUMUS EXCEL


Untuk mengurutkan angka pada excel, Anda bisa memanfaatkan fungsi SMALL dan LARGE pada microsoft excel.

Gunakan fungsi SMALL untuk pengurutan angka secara Ascending atau pengurutan naik. Sebaliknya, gunakan fungsi LARGE untuk pengurutan angka secara Descending atau pengurutan turun.

Pengurutan Ascending adalah mengurutkan angka dari nilai terkecil ke nilai angka terbesar, sedangkan pengurutan Descending adalah mengurutkan angka dari nilai terbesar ke nilai terkecil.

Jika sebelumnya Anda sudah pernah mengikuti tutorial kami tentang cara mengurutkan nilai dan nama sesuai ranking, Anda tentunya sudah cukup familiar dengan cara ini.

RUMUS MENGURUTKAN ANGKA DENGAN KOLOM DUMMY


Cara mengurutkan angka dengan rumus excel yang pertama adalah dengan menggunakan kolom dummy atau kolom bantu rumus.

Rumus LARGE dan SMALL, selain membutuhkan array atau referensi range yang akan diambil nilainya juga membutuhkan nomor urut terbesar atau terkecil ke-x.

Nilai x inilah yang akan kita ambilkan dari kolom dummy ini.

Pada contoh berikut range B3:B14 adalah rentang data yang akan diurutkan nilainya:

Rumus mengurutkan angka di excel

Untuk mempermudah pengurutan angka tambahkan 1 kolom yang berisi nomor urut. Misal pada contoh tersebut nomor urut 1-12 saya letakkan pada range D3:D14.

Selanjutnya gunakan sel-sel terkait pada range tersebut sebagai argument pada rumus SMALL atau LARGE untuk mengurutkan angka di excel.

Rumus pengurutan angka secara ascending pada cell E3 pada contoh di atas adalah sebagai berikut:

=SMALL($B$3:$B$14;D3)

Selanjutnya gunakan autofill atau copy paste rumus tersebut pada cell lain dibawahnya. Panduan lebih detail tentang copy-paste pada excel bisa anda temukan pada halaman berikut:Panduan cut, copy, paste di excel

Pastikan bahwa Range B3:B14 pada rumus tersebut terkunci/absolut dengan menambahkan tanda $ pada referensinya. Hal ini bertujuan agar saat di copy ke sel lain range ini tidak berubah. Penjelasan lebih lanjut bisa Anda pelajari pada tutorial tentang cara membuat referensi absolut excel.

Adapun pada cell F3, rumus yang digunakan untuk mengurutkan angka secara descending adalah:

=LARGE($B$3:$B$14;D3)

Selain menyusun secara menurun, nomor urut di atas bisa juga Anda susun ke samping apabila Anda menghendaki nilai-nilai tersebut diurutkan ke samping pada beberapa kolom.

Bisakah mengurutkan angka dengan rumus excel tanpa kolom bantu?

RUMUS MENGURUTKAN ANGKA TANPA KOLOM DUMMY


Jika Anda TIDAK menghendaki membuat nomor urut 1,2,3 dst. sebagai kolom bantu untuk fungsi SMALL dan LARGE, Anda bisa memanfaatkan fungsi ROW atau fungsi ROWS pada excel.

Berikut contoh penerapan fungsi SMALL dan LARGE dengan fungsi ROW Excel untuk mengurutkan angka di excel.

Rumus mengurutkan angka di excel

Pada sel E3 rumus SMALL yang digunakan adalah:

=SMALL($B$3:$B$14;ROW(E2)-1)

sedangkan rumus LARGE pada sel F3 adalah:

=LARGE($B$3:$B$14;ROW(F2)-1)

Selanjutnya Anda tinggal meng-copy paste rumus tersebut pada sel lain di bawahnya untuk mendapatkan hasil pengurutan angka pada excel.

Pada bagian ROW(E2)-1, pengurangan angka 1 dimaksudkan untuk menghasilkan nilai 1. Jika posisi baris pertama tidak berada pada baris ke-2 sesuaikan nilai pengurangan ini supaya bagian ini menghasilkan angka 1.

Pada rumus diatas, Anda bisa saja mengganti bagian ROW(E2)-1 atau ROW(F2)-1 dengan ROW(A1).

Hasilnya akan sama saja, namun jika tanpa sengaja Anda menghapus baris A1, rumus yang Anda gunakan akan error.

Jadi untuk lebih amannya gunakan header (E2 atau F2) dan kurangi dengan angka 1 untuk menghasilkan nilai 1 dan nilai 2,3,4 dst, untuk sel-sel lainnya.

Jika Anda malas untuk menghitung secara manual nilai pengurangannya, alternatif lain Anda bisa menggunakan rumus berikut:

=SMALL($B$3:$B$14;ROW(E3)-ROW($E$2))

Dimana E3 pada rumus tersebut adalah baris pertama yang akan menghasilkan nilai 1, dan E2 adalah sel diatasnya.

Perhatikan bahwa nilai E2 pada rumus tersebut dikunci (absolut).

Selain memanfaatkan fungsi ROW pada excel, Anda juga bisa membuat angka urut 1,2,3 dst. sebagai argumen fungsi SMALL dan LARGE dengan fungsi ROWS untuk mengurutkan Angka di excel.

Berikut contohnya:

Rumus mengurutkan angka di excel secara otomatis

Pada sel E3 rumus SMALL yang digunakan adalah:

=SMALL($B$3:$B$14;ROWS($E$2:E2))

Sedangkan rumus pengurutan secara descending dengan fungsi LARGE pada sel F3 adalah:

=LARGE($B$3:$B$14;ROWS($F$2:F2))

Cara kerja rumus di atas pada dasarnya sama dengan rumus-rumus sebelumnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah cara menggunakan tanda $(Dollar) pada fungsi ROWS.

Pada rumus tersebut, bagian yang diabsolutkan hanya bagian deepan dari referensi range "ROWS($E$2:E2)".

Hal ini bertujuan supaya saat di copy paste ke bawah bagian depan tidak berubah sedangkan bagian setelahnya berubah menyesuaikan posisi rumus tersebut.

Jika nilai diurutkan kesamping, gunakan fungsi COLUMN atau COLUMNS pada rumus LARGE atau SMALL di atas.

Apakah rumus diatas juga bisa digunakan untuk mengurutkan data yang berupa teks? Silahkan dicoba.

Demikian panduan tentang cara mengurutkan angka di excel menggunakan rumus pada microsoft excel. Silahkan sampaikan pada kolom komentar jika ada bagian yang belum jelas.

Terima kasih sudah membaca tutorial ini. Apabila Anda mendapakan manfaat dari tutorial ini, share ke teman-teman Anda lainnya supaya semakin banyak yang ikut mendapatkan manfaatnya.

Baca Tutorial Excel Lainnya: